Get free consultation!

Photobucket

CLOCK

calendar

My Fish Pond!

Saturday, December 19, 2009

Euphorbia pulcherrima


POKOK POINSETTIA HIASAN HARI CHRISTMAS

Indoor Plants

Kastuba (Euphorbia pulcherrima) atau poinsettia adalah tanaman subtropis yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah. Poinsettia diberi nama menurut duta besar pertama Amerika Serikat untuk Meksiko, yang memperkenalkan tanaman hias ini ke AS di tahun 1825.
Daun bagian atas yang berwarna merah sesuai dengan warna-warni hiasan Christmas. Di negara beriklim sejuk, poinsettia digunakan sebagai tanaman hias pengganti bunga yang sukar didapati di musim dingin.
Dalam folklor Amerika Selatan, poinsettia merupakan tokoh utama dalam mitos penciptaan yang dipercaya Suku Maya sebagai makhluk perkasa dari dunia lain. Dalam bahasa Náhuatl, tanaman ini disebut cuitlaxochitl (bunga kotoran), karena benih tumbuh di atas kotoran burung yang makan biji poinsettia. Dalam bahasa Spanyol, tanaman ini disebut disebut flor de pascua (bunga Paskah), flor de nochebuena (bunga malam Natal), atau arbolito de navidad (tanaman Christmas).




Di luar habitat asalnya, tanaman ini dibudidayakan di dalam rumah kaca. Tanaman menyenangi sinar matahari pagi, tapi perlukan tempat teduh di saat hari mulai panas. Di negara beriklim sejuk, tanaman tidak tahan cuaca dingin di bawah 10°C dan tidak sesuai untuk ditanam di luar kawasan terbuka.
Keluarga Paul Ecke dari Encinitas California terkenal sebagai penghasil pelbagai poinsettia yang rimbun dan berwarna terang. Dari lebih 100 varietas yang ada, varietas dengan daun bagian atas berwarna merah menyala tua (varietas Freedom, Barbara Ecke Supreme, Mrs Paul Ecke, dan Angelica) disukai sebagai tanaman hias untuk menyambut perayaan Natal. Beberapa varietas yang kurang populer memiliki daun bagian atas berwarna merah jambu (Dorothe), putih, dan krim (Regina, Ecke's White). Selain itu juga terdapat varietas dengan daun berwarna orange, hijau muda, dan campuran warna krem dan merah menyala.
Setelah dipelihara beberapa lama, Poinsettia sering tidak mau lagi berdaun merah seperti waktu baru dibeli.




Tanaman perlu diletakkan di tempat gelap dalam jangka waktu lama agar berbunga. Malam yang panjang di musim gugur diperlukan bagi tanaman agar berbunga, dan tanaman tidak mahu berbunga walaupun cuma sedikit saja terkena cahaya di waktu malam. Di daerah tropis, tanaman yang tidak mau berdaun merah bisa diakali dengan menutup bagian atas tanaman dengan kain atau plastik hitam dan dijauhkan dari sinar matahari.


Poinsettia boleh diperbanyakkan dengan stek, potongan cabang yang tua direndam di dalam bekas berisi air sebelum dicucukkan ke dalam media tanam yang terdiri dari campuran tanah dan pasir. Sebelum dimasukkan ke bekas berisi air, getah yang ada pada batang harus dilap terlebih dahulu.







1 comment:

Related Posts with Thumbnails